AC Mobil Tidak Dingin, Mungkin Karena Freon Rusak! Ini Solusinya

AC Dingin

AC mobil tidak dingin memang menjadi salah satu masalah mobil yang tidak nyaman. Apalagi ketika anda berada dalam perjalanan jauh, tentu AC mobil seharusnya bisa dimanfaatkan agar tidak kegerahan. Namun ada kalanya AC mobil bisa rusak dan penyebabnya bisa jadi karena salah satu komponen pada AC rusak atau habis.

Komponen AC  mobil yang cukup sering habis dan tidak disadari adalah freon. Bagian ini merupakan komponen penting pada sistem AC bahkan untuk AC rumah, tapi jarang dicek. Lalu Bagaimana mengetahui freon AC mobil habis?

Hanya Keluar Angin Tapi AC Tidak Dingin

Jika AC mobil rusak maka sebaiknya cepat-cepat dibawa ke service AC mobil. Nah salah satu ciri freon AC mobil habis yaitu ketika AC dinyalakan terdengar bunyi ketukan yang merupakan ciri kompresor AC bekerja, Selain itu RPM mesin naik dan kipas menyala tapi embusan angin tidak dingin. Hal ini cukup mudah dikenali bagi anda orang awam sekalipun.

Kompresor AC Tidak Berhenti Bekerja

Salah satu indikasi freon habis yaitu ketika terjadi kebocoran. Kebocoran ini membuat selang AC dipenuhi oleh udara. Sifat udara yang mudah dikompresi membuat kompresor terus bekerja namun hanya akan memompa udara biasa. Lalu tekanan udara pada selang high pressure juga tidak bisa maksimal.

Nah kalau sudah begitu pressure switch belum bisa memutuskan Magnetic clutch karena tekanannya belum bisa maksimal. Sangat berbeda dengan freon yang lebih padat diberi tekanan sedikit saja tekanan langsung naik. hal ini berpengaruh pada magnetic clutch yang terus saja terhubung saat AC dinyalakan. Padahal magnetic clutch ini bisa terbebas pada waktu tertentu saat freon sudah maksimal. Freon yang habis bisa diisi ulang sendiri atau langsung bawa saja ke service AC mobil.

Tidak Ada Embun Di Selang Low Pressure

AC mobil tidak dingin yang disebabkan oleh freon habis, punya ciri-ciri yaitu tidak ada embun pada selang low pressure AC. Umumnya ada dua buah selang kompresor yaitu selang high pressure dengan bentuk yang kecil dan mengarah ke kompresor menuju kondensor. Lalu ada pula selang low pressure dengan bentuk yang lebih besar dan mengarah dari evaporator menuju kompresor. Ketika AC hidup normal maka akan terbentuk embun pada selang low pressure. Embun dihasilkan dari perbedaan suhu antara suhu di dalam selang low pressure yang dingin dengan suhu mesin yang panas. Nah jika tidak terdapat embun maka bisa dipastikan freon habis.

Penutup

Itu tadi 3 indikasi yang bisa menandakan bahwa freon habis sehingga menyebabkan AC mobil tidak dingin. Nah bagi Anda yang mengalami hal tersebut, langsung bawah mobil ke bengkel atau service AC mobil terpercaya yaitu supercar.id. Bengkel online satu ini terpercaya karena punya mekanik berpengalaman dan sudah bersertifikasi. Terlebih lagi semua pekerjaan yang dilakukan, memiliki garansi selama 3 bulan.

Tinggalkan Balasan