Tips Memilih Les Anak Dengan Cermat

Tips Memilih Les Anak Dengan Cermat

Les anak merupakan salah satu kegiatan yang bisa menunjang kemampuan anak selain belajar di sekolah. Bahkan ada beberapa orang tua yang sudah memasukkan anaknya ke kursus sejak usia belum sekolah. Tentu karena les tambahan bagi anak cukup banyak manfaatnya.

Nah bagi Anda yang ingin memilih les untuk anak maka tidak boleh sembarangan dalam memasukkan anak ke kursus. Berikut ini beberapa tips dalam pemilihan les untuk anak dengan cermat.

 

Pastikan Anak Enjoy

Yang pertama sekali harus diperhatikan yaitu ketertarikan anak pada kursus yang diberikan. Karena setelah anak menikmati les tambahan yang diberikan, kemudian anak tidak akan merasa terbebani atas pelajaran tambahan yang diberikan. Maka dari itu ketika anda ingin mendaftarkan anak ke sebuah kursus, maka tanyakan terlebih dahulu kepada si buah hati apakah anak benar-benar menyukai kelas tersebut. Agar nantinya melalui kelas yang diikuti, anak bisa lebih maksimal menerima pelajaran baik di sekolah maupun tempat les.

 

Jangan Paksakan Kehendak

Beberapa orang tua kadang memaksakan kehendaknya pada sang anak tetap mengikuti kata hatinya. Misalnya saja orang tua menginginkan anak untuk mengikuti les musik, padahal si anak tertarik untuk belajar animasi. Pada kondisi ini sebaiknya Anda harus menekan ego sendiri, dan membiarkan anak memilih kursus sesuai dengan minatnya. Karena segala hal yang dipaksakan, tentu tidak baik bagi perkembangan mental dan jiwa anak di masa depan. Belum lagi, hasil les yang nanti didapatkan tidak akan maksimal ketika anak dipaksa untuk mengikuti kursus yang tidak disukai.

 

Pastikan Jadwalnya Tepat

Biasanya anak yang aktif tidak hanya mengikuti satu saja les tambahan. Beberapa anak memilih 2 atau 3 les tambahan setelah sekolah reguler. Ketika anda ingin menambahkan satu les anak lagi, maka pastikan jadwal anak tidak bertabrakan. Atau kurangi jadwal kursus agar tidak membuat waktunya habis hanya untuk menuntut ilmu saja. Anda harus memahami bahwa anak juga membutuhkan interaksi lainnya dengan keluarga atau sahabat dan istirahat yang cukup.

 

Sesuaikan Dengan Usia Anak

Ada macam-macam kursus yang bisa diikuti oleh anak. Pastikan anda dalam memilih kan les atau kursus yang disesuaikan dengan usia anak. Apalagi untuk anak yang yang masih benar-benar di usia dini, mulai dari 6 tahun ke bawah misalnya. Karena anak tidak selalu benar-benar bisa menikmati kursusnya meski sejak dini sudah diperkenalkan dengan berbagai kursus atau latihan. Semua hal tersebut tergantung pada kemampuan anak untuk menerima dan menyerap pelajaran yang diberikan.

 

Sesuaikan Dengan Hobi

Ketika memilih les yang diberikan bagi anak Anda juga harus menyesuaikan dengan hobi anak. Hal ini kembali lagi kepada rasa nyaman anak yang nantinya akan dirasakan ketika mengikuti les tambahan tersebut. Ada banyak pilihan kursus yang bisa diberikan untuk anak sesuai hobinya. Salah satunya yang kini semakin banyak dinikmati adalah kursus animasi khususnya model 3D.

Demikian beberapa tips dalam memilihkan les anak agar anda bisa menemukan kursus yang tepat. Bagi anak anda yang menyukai dunia animasi, maka sangat disarankan untuk memasukkan si buah hati ke tempat les terbaik yaitu Esda. Esda adalah tempat kursus animasi berkualitas, apalagi bagi anak yang memfokuskan diri untuk mempelajari model gambar 3D. Belajar animasi sangat punya peluang bagus dimasa depan. Karena skill animasi banyak dibutuhkan di berbagai bidang pekerjaan. Belum lagi, belajar animasi juga membantu anak lebih produktif.

Tinggalkan Balasan