Perhatikan Cara dan Tips Kirim barang Ke Malaysia

kirim barang ke malaysia

Malaysia bukanlah Negara yang jauh jaraknya dari Indonesia. Namun tentunya saat mengirim barang yang lintas Negara, meskipun dekat akan menjadi kekhawatiran sendiri jika kita tidak memahami prosedur yang diberlakukan oleh Negara mereka. jika kamu memahami benar cara kirim barang ke Malaysia tentunya kamu akan menganggap kirim barang ke Malaysia tidak jauh berbeda dengan pengiriman barang yang kamu lakukan di domestic atau Negara sendiri.

Pada umumnya jika kamu ingin kirim barang ke Malaysia atau Negara lain yang harus kamu lakukan adalah mencari jasa kirim barang ke Malaysia yang sudah berpengalaman, terpercaya, kemudian juga menjamin keamanan barang yang kamu kirim. Setelah mendapatkan jasa ekspedis tersebut kamu bisa langsung mengirimkan barang yang hendak kamu kirim ke perusahaan jasa tersebut atau kamu bisa memanfaatkan jasa penjemputan barang ke lokasimu jika memang barangnya banyak. Kemudian jasa kirim barang ke Malaysia akan memberikan dokumen maupun formulir yang harus kamu lengkapi agar barang tersebut bisa segera diproses.

Nah agar lebih jelas, berikut ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketikan akan kirim barang ke Malaysia. Agar barang sampai ke tujuan dengan aman dan tidak rusak tentunya ada prosedur yang harus kamu perhatikan dan penuhi ya.

Perlukah Membayar Pajak Bea Cukai Jika Kirim Barang Ke Malaysia?

Jika kamu mengirimkan barang dari Indonesia ke Malaysia, tentunya harus memenuhi syarat ekspor yang diberlakukan oleh pemerintah Indonesia. Dimana kamu hanya akan diberikan tanggungan bea cukai jika mengirimkan barang yang berupa kulit, kemudian kayu, biji kakao atau coklat, kemudian produk turunan kelapa sawit dan kelapa sawitnya sendiri. Selain itu barang seperti hasil olahan logam, produk yang berupa mineral logam yang terbatas akses ekspornya.

Jika barang yang kamu kirim tidak meliputi barang yang disebutkan, sepertinya kirim barang ke Malaysia yang kamu lakukan akan aman dari bea cukai. Namun  berbeda halnya dengan orang yang menerima paket dari kamu, karena sudah masuk ke wilayah pemerintahan Malaysia tentunya akan berbeda peraturan yang berlaku. Dan jika barang yang diterima oleh pihak Malaysia melampaui batas maka biasanya akan diberikan tanggungan bea cukai.

Mengetahui Barang Yang tidak Boleh Masuk Ke Malaysia

Dalam sebuah Negara tentunya mempunyai kebijakan ekspor dan impor yang berbeda-beda. Hal ini termasuk juga pada jenis-jenis barang yang boleh atau tidak boleh masuk ke Negara Malaysia. Biasanya barang akan ditahan di pihak bea cukai atau bisa pula barang tersebut di tiadakan. Secara umum barang yang tidak bisa dikirim ke Malaysia adalah benda-benda yang bisa menimbulkan peledakan, barang yang mudah terbakar, berbagai obat yang masuk dalam NAZA, kemudian barang yang bisa merusak paket orang lain, senjata tajam, kemudian senjata api, berbagai barang lain yang membahayakan keselamatan.

Kelengkapan Dokumen Harus Diperhatikan

Dokumen menjadi sebuah hal yang tidak kalah penting dalam upaya kirim barang ke Malaysia. Yang mana kamu wajib melengkapi berbagai dokumen ekspor yang dibutuhkan, diantaranya adalah invoice keterangan dari barang yang kamu kirim. Dimana kamu harus menyertakan seperti nama barangnya, kemudian jumlah yang kamu kirim, seberapa besar dimensinya, termasuk jenis barang apa, ketentuan harganya, dan berbagai informasi barang yang memudahkan proses di bea cukai. Dokumen ini akan berguna untuk kemudahan inspeksi oleh pihak bea cukai dan kurir yang akan mengantar barang kamu ke alamat tujuan. Nah agar lebih mudah alangkah baiknya jika kamu meminta pentunjuk dari jasa kirim barang ke Malaysia yang kamu pilih. Mereka akan memudahkan kamu dengan berbagai layanan yang mereka tawarkan.

Pastikan Jasa Kirim Barang Ke Malaysia Merupakan Jasa Kirim Terpercaya

Untuk menghindari berbagai kemungkinan barang yang dikirim tidak sesuai keinginan tentunya kamu perlu berhati-hati dalam memilih jasa kirim barang ke luar negeri. Pilihlah mereka yang sudah mempunyai pengalaman dalam kegiatan ekspor dan impor. Dan hal yang harus kamu lakukan pertama adalah menghubungi jasa kirim barang ke Malaysia dan bertanya terkait berbagai hal yang akan menjamin barang sampai ke tujuan dengan tepat waktu dan barang dalam kondisi yang tidak rusak.

Jangan ragu dalam menggunakan jasa kirim barang ke Malaysia, asalkan mereka mempunyai jaminan bahwa barang yang akan dikirim akan sampai dengan tujuan sesuai dengan perjanjian yang kalian lakukan. Dan pastikan kamu juga melakukan packing dengan cara yang tepat untuk menghindari kerusakan barang akibat packing yang tidak sesuai standar internasional.

Tinggalkan Balasan