6 Manfaat Bersepeda Untuk Kesehatan

Manfaat Bersepeda

Tubuh manusia membutuhkan aktivitas fisik agar berfungsi secara normal dalam jangka waktu yang relatif lama. Salah satu aktivitas fisik yang mudah untuk dilakukan adalah bersepeda.

Olahraga satu ini sendiri sekarang sedang naik daun di berbagai kalangan. Tidak heran jika anda melihat media sosial, banyak orang yang akhirnya melakukan olahraga ini karena banyak manfaat bersepeda yang bisa didapat.

Manfaat bersepeda sendiri bisa dirasakan baik oleh pria ataupun wanita. Jadi, tidak perlu ragu untuk memulai olahraga satu ini. Walaupun terbilang telat, hal terpenting adalah anda berusaha untuk berkeringat secara rutin.

Anda dapat mengetahui manfaat bersepeda pada uraian di bawah ini:

1. Membantu Mengatasi Obesitas

Sudah menjadi rahasia umum jika berolahraga secara teratur dapat mengurangi berat badan. Hal tersebut pun bisa didapat dari manfaat bersepeda. Hal ini dikarenakan kalori yang ada pada tubuh anda dapat terbakar dengan cara bersepeda.

Bersepeda dengan durasi satu jam sendiri dapat membakar 400 hingga 1.000 kalori. Hal yang harus anda perhatikan adalah angka tersebut sendiri akan bergantung pada intensitas dan beban kayuhan yang anda gunakan pada sepeda.

Anda akan merasakan kayuhan yang semakin berat jika telah berlama-lama bersepeda. Hal tersebut secara otomatis memaksimalkan manfaat bersepeda untuk membantu bagi orang-orang yang memiliki masalah pada berat badannya.

2.  Meningkatkan Kesehatan Paru-Paru

Manfaat bersepeda lainnya bagi pria dan wanita adalah menjaga hingga meningkatkan kesehatan paru-paru. Pengendara sepeda memiliki kemungkinan untuk terkena polusi lebih kecil dibandingkan pengemudi kendaraan pribadi, pengguna bus, dan pejalan kaki.

3.  Kesehatan Mental

Bagi anda yang sedang merasa mood sedang berantakan, ada baiknya anda mencoba untuk bersepeda minimal berkeliling tidak jauh dari rumah. Pasalnya, manfaat bersepeda berikutnya adalah meningkatkan kesehatan mental.

Kondisi hormon yang mudah berubah biasanya membuat banyak wanita seringkali mudah terkena stres, kecemasan, depresi, dan gangguan mental lainnya. Untuk mengatasinya, anda bisa bersepeda secara rutin.

4.  Tidur menjadi Lebih Nyenyak

Tidur yang lelap menjadi idaman bagi banyak orang. Dengan tidur yang lelap, anda bisa mendapatkan badan yang lebih segar keesokan harinya. Walaupun begitu, terkadang mendapatkan tidur yang lelap sulit untuk didapat.

Jika anda sedang mengalami masalah ini, ada baiknya jika anda mulai mempertimbangkan untuk bersepeda secara rutin. Manfaat bersepeda ini sendiri nantinya akan membuatmu mendapatkan tidur nyenyak yang anda idamkan.

5. Merawat Kondisi Sendi pada Tubuh

Perbedaan faktor biologis, genetika, dan hormon menjadikan wanita lebih rentan terkena arthritis tiga kali lipat dibandingkan pria. Arthritis sendiri merupakan gangguan pada sendi.

Gangguan ini sendiri pun akan semakin rentan untuk wanita jika wanita tersebut memiliki berat badan yang melebihi batas ideal atau obesitas. Cara untuk mengurangi risiko ini, anda bisa melakukannya dengan bersepeda.

6. Membentuk Otot Kaki

Salah satu manfaat bersepeda secara rutin adalah terbentuknya otot kaki. Olahraga ini akan membentuk otot khususnya pada area paha belakang, paha depan, dan betis.

Manfaat dari terbentuknya otot kaki ini adalah anda bisa membakar lebih banyak kalori bahkan saat anda duduk. Jadi, tidak salah jika anda melakukan olahraga ini secara rutin minimal di akhir pekan.

Uraian dari 6 manfaat bersepeda di atas dapat anda rasakan ketika anda benar-benar telah mempraktikkan bersepeda setiap hari. Jadi, jangan lupa tetap jaga kesehatan ya!

Tinggalkan Balasan