3 Tips Dalam Memilih Pipa Air Panas Terbaik

pipa air panas

Pipa air panas adalah pipa yang digunakan untuk saluran air panas di rumah anda. Dalam pemilihan pipa ini tentu tidak boleh sembarangan jenis pipa. Karena tidak semua varian pipa bisa dipakai untuk saluran air panas, setiap pipa punya daya tahan terhadap suhu yang berbeda-beda.

Instalasi pipa air panas tentu juga berbeda dengan instalasi pipa untuk kebutuhan air biasa. Tidak hanya membutuhkan orang-orang dengan skill khusus untuk pemasangan pipa, pemilihan pipa saluran air panas yang tepat juga perlu diperhatikan. Berikut ini beberapa tips dalam pemilihan pipa untuk saluran air panas agar bisa menemukan yang paling tepat.

Tips Pemilihan Pipa Untuk Saluran Air Panas

1. Mengetahui Pipa Khusus Air Panas

Untuk diketahui ada cukup banyak dipakai khusus untuk air panas. Maka dari itu anda tidak boleh sembarangan dalam memasang pipa. Sebaiknya kenali dari awal karakteristik pipa yang umumnya bisa dengan mudah anda temukan dengan mudah di pasaran. Pipa air yang bisa digunakan untuk saluran air panas dan dingin yang banyak dipakai adalah PPR dan HDPE.

Untuk diketahui pipa air PVC kurang tepat jika digunakan untuk saluran air panas karena teksturnya yang elastis saat terkena air panas. Jadi bisa dipastikan pipa pvc akan lebih mudah rusak jika terkena suhu panas yang tinggi terlalu sering. Jika mengetahui jenis pipa yang tepat maka selanjutnya Anda harus memilih pipa yang punya daya saluran maksimal. Ketika anda salah memilih pipa, maka air yang disalurkan akan tetap dingin atau terlalu panas saat digunakan.

2. Pilih Material Pipa Yang Tepat

Pipa air panas yang Anda pilih sebaiknya terbuat dari bahan yang tepat. Ketepatan bahan membuat pipa jadi lebih tahan lama. Bahan terbaik untuk pipa saluran air panas adalah terbuat dari polypropylene random. Pipa ini punya kestabilan suhu air dan mampu menginsulasi panas lebih baik.

Karena kemampuan insulasinya maka pipa tidak membutuhkan tambahan lapisan selubung agar bisa menahan panas. Pipa PPR cukup banyak dipilih tidak hanya karena kualitasnya tapi juga dari segi harga lebih murah. Terlebih pipa ini punya dinding yang licin jadi kotoran yang masuk tidak mudah mengendap pada pipa sehingga air yang disalurkan tetap bersih. Untuk pipa dari material polypropylene random bisa tahan panas hingga 260 derajat Celcius. Pipa ini juga sangat ramah lingkungan tidak mudah bocor dan tahan abrasi.

3. Memilih Dari Merk Yang Tepat

Anda bisa menemukan dengan mudah banyak merk saluran air panas yang dijual di pasaran. Namun salah satu yang paling direkomendasikan karena kualitasnya adalah rucika. Rucika merupakan perusahaan yang memproduksi pipa salah satunya untuk jenis pipa saluran air panas dengan nama rucika Green.

Produk pipa ini tidak hanya bisa digunakan untuk air panas saja tapi juga air dingin bertekanan. Pipa yang digunakan dibuat dari bahan PP-R tipe 3 dengan modal penyambungan heat fusion. Berkat model sambungan ini pipa yang dihasilkan menjadi lebih kuat, terhadap kebocoran dan juga bebas perawatan. Pipa air panas dari jeruk jika ini juga tahan hingga 50 tahun. Hal tersebut membuat Rucika Green tidak hanya digunakan untuk kebutuhan rumah tangga saja tapi juga berbagai industri, rumah sakit, hotel bahkan apartemen.

 

Demikian beberapa tips dalam pemilihan pipa air panas yang nyaman untuk kebutuhan rumah anda dan juga industri. Rucika merupakan pilihan merek yang tepat untuk produk pipa saluran air panas di rumah anda.

Tinggalkan Balasan