Perkembangan Bayi 8 Bulan bisa Apa Secara Motorik

perkembangan bayi 8 bulan

Ingin tahu perkembangan bayi 8 bulan ? Sebagai informasi, perkembangan si kecil di usia 8 bulan tidak hanya sebatas dari fisiknya saja, namun juga meliputi kemampuan motoriknya. Keterampilan motorik anak merupakan kemampuan yang sangat penting untuk si kecil.

Dengan mengetahui perkembangan motorik si kecil, bunda bisa membantu melatih kemampuan motorik mereka dengan cara sederhana namun optimal. Nah, di artikel ini kami akan coba menjelaskan apa saja perkembangan bayi di usia 8 bulan secara motoriknya.

Apa Itu Kemampuan Motorik Anak?

Sebelum kami menjelaskan informasinya lebih jauh, pertama-tama kami akan coba menjelaskan terlebih dahulu apa itu kemampuan motorik si kecil agar bunda bisa mengenalnya lebih jauh.

Keterampilan motorik adalah kemampuan menggerakkan anggota tubuh, contohnya seperti menggerakan kepala, bibir, lidah, tangan, kaki, dan jemari. Gerakan-gerakan yang kami sebutkan tersebut belum terlalu terlihat ketika bayi baru lahir, akan tetapi, secara perlahan akan mulai terbentuk seiring tumbuh kembangnya.

Jenis-Jenis Keterampilan Motorik Anak

Kemampuan motorik anak ada dua jenis, yaitu motorik halus dan motorik kasar. Keterampilan motorik halus yaitu kemampuan gerakan yang melibatkan otot-otot kecil, contohnya seperti jari-jari tangan.

Kemampuan motorik pada si kecil juga memungkinkan mereka untuk melakukan berbagai aktivitas. Seiring dengan bertambahnya usia si kecil mereka bisa melakukan gerakan seperti menulis, menggambar, dan mengambil makanan atau minuman.

Di sisi lain, keterampilan motorik kasar pada anak-anak umumnya melibatkan pergerakan otot-otot besar. Adapun contoh pergerakannya yaitu seperti tungkai, lengan, dan otot-otot tubuh.

Kemampuan Motorik Bayi Usia 8 Bulan

Si kecil yang sudah berusia 8 bulan akan menunjukkan banyak sekali kemampuan motorik. Berbeda dari usianya di 7 bulan, mereka biasanya sudah mulai bisa mengangkat tubuhnya dengan menggunakan lutut maupun tangannya.

Di usia 8 bulan si kecil juga sudah mulai bisa menggerakkan tubuhnya ke bagian belakang maupun ke depan. Selain itu, si kecil yang sudah berusia 8 bulan juga sudah bisa duduk tanpa bantuan apapun.

Bayi yang berusia 8 bulan umumnya tidak hanya bisa duduk secara mandiri. Selain itu, si kecil juga sudah bisa berdiri meskipun harus dibantu dengan berpegangan. Selain perkembangan tersebut, juga ada beberapa perkembangan lainnya yaitu seperti berikut:

  • Mampu menggerakkan mainan, seperti membanting, mengocok, meremas, memukul, dan menjatuhkannya.
  • Si kecil sudah mulai terlihat senang bermain dengan mainan yang bentuknya lucu.
  • Sudah mampu makan sendiri finger foods atau makanan kecil yang bisa dipegang. Namun, pilihlah makanan yang lunak jika Anda ingin memberinya makanan kecil.
  • Gemar memasukkan jarinya ke lubang atau sela-sela, contohnya seperti lubang kunci, lubang botol, dan lainnya.
  • Semakin aktif menggerakkan tubuhnya contohnya seperti merangkak dan duduk dengan sempurna tanpa bantuan penyangga.

Rekomendasi Popok untuk Bayi 8 Bulan

Ada banyak aktivitas yang dilakukan oleh si kecil yang berusia 8 bulan. Berikan jenis popok terbaik untuk si kecil yang mampu memberikan kenyamanan ekstra bagi si kecil terutama saat bergerak.

Produk terbaik untuk si kecil yaitu popok MAKUKU yang terbuat dari SAP (Super Absorbent Polymer). Bahan SAP ini mampu menyerap cairan lebih optimal sehingga bisa mencegah ruam popok.

Di sisi lain, produk MAKUKU juga merupakan popok pertama di Indonesia yang punya fitur bubble belt yang memberikan kenyamanan ekstra bagi anak-anak.

Itulah beberapa perkembangan bayi 8 bulan bisa apa dari kemampuan motoriknya. Jangan lupa juga untuk memberi si kecil popok terbaik, salah satunya produk MAKUKU dengan fitur terbaik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *